Minggu, Februari 14, 2010

Kekurangan-kekurangan pada Nokia E72

Setelah lebih dari 2 bulan menggunakan E72, semakin terasa beberapa kekurangan yang dimiliki oleh ponsel ini. Namun demikian, bukan berarti ponsel ini jelek atau kurang bagus, hanya saja dalam tulisan ini aku mencoba untuk mengulas kekurangan-kekurangan yang ada. Berikut ini adalah beberapa kekurangan atau kelemahan yang cukup mengganggu:
  1. Ketika mengetik dengan cepat, terkadang ada beberapa karakter (sejauh yang aku tahu adalah tombol-tombol yang mewakili angka dan alphabet seperti R, T, Y, F, G, H, V, B, N, dan M) tidak muncul. Penyebabnya adalah ketika mengetik cepat, ada kemungkinan dua tombol tertekan secara bersamaan. Jika tombol yang belakangan ditekan adalah tombol-tombol diatas sementara tombol sebelumnya belum dilepaskan, karakter nya tidak akan muncul. Cobalah untuk menekan tombol A, lalu tekan salah satu tombol diatas sebelum tombol A nya dilepaskan, bandingkan jika misalnya tombol yang ditekan berikutnya adalah tombol S misalnya.
  2. Tombol spasi terkadang tidak mau bekerja. Entah kenapa, yang jelas tiba-tiba seperti ini. Solusi: restart HP.
  3. Aplikasi-aplikasi yang menggunakan jaringan internet (seperti email, browser, dan aplikasi chat) kadang-kadang hang. Semua tombol lain menjadi tidak berfungsi kecuali tombol Power yang ada bagian atas ponsel. Terpaksa deh dengan tombol tersebut Switch Off lalu menyalakannya lagi.
  4. Optical Navi Key nya kurang berguna. Sensitifitasnya kurang, walaupun sudah diatur di Control Panel. 
  5. Tombol Contact berdasarkan pengaturannya, jika ditekan dengan lama akan menjalankan shortcut untuk membuat kontak baru. Tetapi nyatanya tidak demikian. Ketika tombol Contact ditekan lama, hanya muncul aplikasi Contact saja, tidak menampilkan tampilan untuk menambah contact baru. Namun demikian, kekurangan ini diperbaiki pada firmware versi 023.002
  6. Fungsi Send To Email tidak berfungsi dengan semestinya. Ketika akan mengirimkan catatan yang cukup panjang pada aplikasi Notes atau Active Notes melalui Email, maka catatan yang muncul pada aplikasi email nya terpotong. Alhasil, mesti kerja dua kali. Mengkopi semua isi catatannya terlebih dahulu menggunakan tombol Ctrl+A, lalu menyalinnya menggunakan Ctrl+C, dan menyisipkan catatan yang telah disalin ini ke aplikasi email dengan Ctrl+V.
  7. Pada Control Panel tidak ada aplikasi pengaturan untuk Memory Card yang biasanya bisa digunakan untuk melakukan format memory card atau pengaturan password pada memory card sehingga tidak bisa digunakan di handphone lain. 

6 komentar:

  1. coba upgrade firmwarenya. hampir semua bug2 yang disebutkan di sini sudah diperbaiki.

    BalasHapus
  2. Aku sudah coba upgrade firmware ke versi terbaru (051.018), tapi sepertinya bug nomor 1 belum diperbaiki. Sepertinya memang desainnya seperti itu, dan bukan dianggap bug pada E72.

    BalasHapus
  3. aku udah 5 bulan pake hp ini kok makin lemot ya,.?

    BalasHapus
  4. aku beli hp ini sejak desember 2009, tidak ada keluhan sama skali..sekrang firmware yg aku pasang 091.004 tertanggal 02-Jun-2012..yg jadi masalah sekarang adalah RAM yg terlalu kecil sehingga jika browsing2 akan menutup sendiri mengingat aplikasi sekarang butuh RAM yg besar contohnya Whatsapp dll..

    BalasHapus
  5. gan gimana cara upgrade frimware?

    BalasHapus
  6. Bisa pakai Over The Air (OTA) langsung dari HP nya ataupun via PC Suite/OVI Suite Bro.

    BalasHapus