Senin, Juni 21, 2010

Review Yahoo Messenger One

Tertarik membaca berita mengenai Yahoo Messenger One di portal Kompas, yang katanya Yahoo menjadikan Indonesia sebagai negara pertama yang bisa menikmati layanan ini, iseng-iseng aku menjajal layanan ini.  Dari informasinya  sih aplikasi Yahoo Messenger One ini adalah aplikasi terintegrasi untuk mengakses layanan instant messenger, email, telepon, bahkan SMS.

Yang membuatku cukup penasaran adalah apa sih keunggulannya? Mengingat aplikasi ini masih versi beta dan hanya tersedia untuk Blackberry. Itupun hanya untuk Blackberry 9000, 9700, 8900, dan 9630. Aplikasi email dan instant messenger untuk Yahoo yang disediakan Blackberry sendiri sudah cukup untuk chatting dan berkirim email menggunakan akun Yahoo.

Karena penasaran, aku mengunduh versi beta 0.19.4.1 aplikasinya dari http://m.yahoo.com/one untuk Blackberry Bold 9700 ku. Berdasarkan informasi dari blog resminya, aplikasi Yahoo Messenger One ini memiliki fitur-fitur berikut:
  • Mobile Registration. Membuat akun Yahoo baru bisa dilakukan melalui aplikasi Yahoo Messenger One, tidak perlu lagi melalui PC/laptop.
  • Unified Inbox. Semua email, percakapan dari instant messaging, dan SMS diintegrasikan ke dalam satu inbox, sehingga pengguna dapat menelusuri semua percakapan dengan mudah.
  • Native address book syncing. Pengguna dapat mengupload daftar kontaknya ke Yahoo!, sehingga dapat diakses melalui akun Yahoo ketika menggunakan PC/laptop.
  • Message Archive and search. Semua data percakapan akan disimpan di server, jadi tidak perlu takut kehilangan data-data tersebut.
  • IM and SMS chats. Pengguna dapat berkomunikasi dengan kontaknya meskipun kontak tersebut tidak memiliki akun Yahoo (komunikasi akan menggunakan jalur SMS, bukan IM)
  • News Content. Ini seperti layanan News Feed dimana pengguna bisa menikmati berita-berita terbaru dari Yahoo!.

Setelah aplikasi dijalankan, pengguna akan diminta untuk memasukkan username dan password akun Yahoo nya. Ada pula pilihan untuk membuat akun baru. Setelah proses validasi selesai, pengguna akan diminta untuk mengunggah daftar kontaknya ke Yahoo!. Karena gagal, aku skip fitur ini.

Aplikasinya sendiri hanya memiliki 3 tab: Tab untuk conversation yang berisi daftar percakapan menggunakan YM dan isi inbox email, Tab untuk kontak yang berisi daftar kontak akun Yahoo pengguna (yang menurutku penempatannya agak-agak kacau karena tidak seperti YM yang dikelompokkan kedalam group), serta tab untuk melihat info berita terbaru.

Namun bagaimanapun juga, ini aplikasi memang masih versi beta. Jadi banyak sekali kekurangan-kekurangannya. Yang menyebalkan, aplikasi ini tergolong berat yang menyebabkan BB ku menjadi sedikit tidak responsif. Aplikasinya cenderung membuat BB seperti nge-hang. Entahlah di versi BB yang lain apakah mengalami kasus serupa atau tidak. Terlebih lagi fitur-fitur yang digadang-gadangkan ternyata belum semuanya terimplementasi. Berikut ini adalah kekurangan-kekurangan yang seharusnya bisa diperbaiki:
  • Setelah berhasil Sign In, pengguna tidak bisa Sign Out dan Sign In kembali menggunakan akun lain. Sekali login, akun tersebut akan dipakai selamanya (benar-benar mengganggu).
  • Fitur Native address book syncing sama sekali tidak bisa aku gunakan. Aku coba berkali-kali pun hasilnya sama saja. Terlebih lagi, setelah fitur ini di-skip, pengguna tidak bisa kembali lagi ke menu ini. Aku coba cari diseluruh menunya, tidak aku temukan fitur ini.
  • Pada tab untuk conversation memang ditampilkan isi email dan history percakapan IM akun Yahoo! yang sedang aktif digunakan walaupun percakapan tersebut dilakukan di PC. Sepertinya Yahoo mulai menyimpan semua catatan percakapannya di server mereka, namun sepertinya fitur ini belum sempurna di Yahoo Messenger One nya. Ketika aku mencoba membuka salah satu percakapan, hasilnya adalah error :D *Paraaaah*
  • Aku mencoba mengirimkan email, namun tidak pernah terkirim. Alasan gagalnya juga tidak jelas. Hanya menyatakan bahwa isi emailnya gagal terkirim.
  • Seringkali aplikasi ini membuat BB tidak responsif. Dan ujung-ujungnya kena Exception dan di-terminate secara otomatis.
Melihat aplikasinya seperti ini, kurasa masih jauh sekali dari sempurna. Dan kurasa malah nggak layak untuk disebut dengan versi beta karena fitur-fiturnya masih banyak yang belum bisa digunakan. Semoga saja di versi berikutnya semua kekurangan-kekurangannya bisa segera diperbaiki, dan harapannya tentu saja agar aplikasinya segera hadir di platform lain (ngarepnya bisa jalan di Symbian :p). Selagi masih versi beta seperti ini, nggak worth lah buat digunakan. Aku hanya mengunduh, mencoba, kecewa, lalu uninstall deh. Hehehe

14 komentar:

  1. 教育的目的,不在應該思考什麼,而是教吾人怎樣思考............................................................

    BalasHapus
  2. 要在憂患恥辱的環境裡,創造我們自力更生的新生活。..................................................

    BalasHapus
  3. Judge not a book by its cover.. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

    BalasHapus