Selasa, Januari 24, 2012

Review Game: Jelly Defense for Mac

Jelly Defense adalah satu permainan yang bergenre Tower Defense. Permainan ini sebenarnya sudah lumayan lama nongol di Mac App Store. Walaupun ratingnya bagus, aku tidak percaya begitu saja. Sampai akhirnya salah seorang temanku yang telah membeli permainan ini seharga $4,99 memberikan penilaian yang cukup bagus. Oke, akhirnya aku mencari versi bajakannya di internet untuk mencoba-coba (ga mau rugi banget). Sebagai informasi tambahan permainan ini juga tersedia untuk platform iOS dan Android dengan harga yang lebih murah.

Setelah mencoba, ternyata permainan ini membuatku ketagihan. Agak heran juga permainan dengan genre Tower Defense ini begitu jarang di Mac OSX. Plants vs Zombies mungkin bisa dimasukkan ke dalam kategori tersebut, tapi alur permainannya sangat berbeda dengan Jelly Defense. Tidak seperti Plants vs Zombies yang berisi karakter-karakter menyeramkan (kecuali karakter tanaman-tanamanya yah), pada Jelly Defense, semua karakternya lucu. Dan memang seperti namanya, semua karakternya seperti Jelly.

Desain dan tampilan permainan ini juga bisa dibilang unik. Latar belakang permainan ini didominasi oleh warna abu-abu, sementara karakter-karakter dalam permainannya berwarna merah dan biru. Agak-agak kontras memang, seolah-olah pencipta permainan ini adalah seorang Apple fanboy yang produk-produknya banyak terinspirasi oleh warna tersebut (ga penting banget :p). Untuk efek suara, menurutku tak kalah lucu dengan karakter-karakternya. Tapi untuk musiknya, agak-agak aneh menurutku. Kayak nggak cocok gitu lah. Perlu beberapa lama sampai telingaku cukup terbiasa dengan alunan musik latarnya.

To the point, cara memainkan permainan ini tidak sulit. Pemain hanya perlu menaruh tower-tower yang akan menembaki musuh ketika melewati tower tersebut pada tempat yang telah disediakan. Pilihan tempat tower ini juga beragam, tergantung level permainannya. Strateginya justru terletak pada penempatan tower ini. Pemain harus bisa menempatkan tower yang tepat dan di tempat yang tepat pula. Untuk membeli tower, pemain diberikan koin pada awal permainan. Setiap kali berhasil menghancurkan lawan, akan diberikan tambahan koin yang mesti segera diambil. Koin ini akan segera menghilang jika tidak diambil. Tujuan akhir dari permainan ini adalah menahan sebanyak mungkin batu permata (ada 10 batu permata dalam setiap level) agar tidak diambil oleh musuh. Pada intinya, hancurkan semua musuh dengan tower yang ada, maka batu-batu permata tersebut akan aman.

Karakter musuh dalam permainan ini ada dua macam, berwarna biru dan merah. Jelly biru pada dasarnya mampu bergerak lebih cepat daripada Jelly merah. Untuk melawan Jelly biru, harus menggunakan Tower yang berwarna biru, dan begitu pula sebaliknya. Disediakan Tower berwarna merah untuk melawan si Jelly merah. Namun demikian ada Tower universal yang berwarna kombinasi biru dan merah, bisa digunakan untuk menembak Jelly biru maupun Jelly merah, namun kekuatannya tentu tidak seberapa.

Ada 6 musuh yang berbeda, 3 berwarna merah dan 3 berwarna biru. Masing-masing memiliki kecepatan dan kekuatan yang berbeda-beda. Jelly yang mampu bergerak cepat, biasanya sangat rapuh dan lemah. Sementara Jelly yang bergerak lambat cenderung kuat dan sulit dilumpuhkan. Diantara semua Jelly musuh, yang paling mengerikan adalah Jelly yang memiliki hidung seperti belalai. Menurutku ini karakter Jelly yang paling lucu, namun demikian, dibalik mata dan hidungnya yang lucu, jelly ini adalah musuh yang paling kuat, sampai-sampai dijuluki Pure Evil.

Sementara, untuk karakter towernya ada 10 macam, 3 tower untuk melawan jelly berwarna merah, 3 tower untuk jelly biru, 1 tower universal, 1 karakter pohon untuk me-riset tower (pada awal permainan, pemain hanya diberikan 1 universal tower, 1 tower merah, 1 tower biru, dan 1 karakter pohon untuk riset, sisa tower lainnya didapat melalui proses riset), 1 tower Letnan Jenderal yang tidak menembak musuh, tapi akan membuat tower-tower disekelilingnya menjadi lebih agresif, dan 1 Piggy Bank yang akan memberikan koin (semakin besar koin yang kita miliki, semakin banyak pula koin yang dihasilkan oleh Piggy Bank ini) ketika pemain berhasil menghancurkan 1 rangkaian musuh. Semua tower dalam permainan ini bisa di-upgrade. Semakin tinggi, semakin besar pula kekuatannya. Semua Tower kecuali tower untuk riset, dapat di-upgrade hingga maksimal 3 kali.

Karakter tower yang berwarna merah cenderung memiliki kekuatan yang besar dan cocok untuk menghancurkan jelly-jelly yang bergerak lambat, namun tidak cocok untuk melawan jelly merah yang mampu bergerak cepat. Namun demikian ada satu karakter tower yang tidak menembak, hanya mengeluarkan gas untuk memperlambat jelly merah musuh. Setelah gerakannya diperlambat, kedua karakter tower sisanya dapat digunakan untuk menghancurkan musuh dengan efektif. Karakter tower yang mengeluarkan gas ini hanya ada pada tower yang berwarna merah.

Sementara karakter tower yang berwarna biru, cenderung mampu menembak lebih cepat. Yang paling rendah tingkatannya adalah tower yang mampu menembak musuh dengan cepat, namun kekuatan tembaknya tidak terlalu besar, dan hanya bisa menembak satu musuh pada waktu yang sama. Karakter tower berikutnya mampu menembak banyak musuh dalam waktu yang bersamaan, dan kekuatannya pun cukup besar, namun hal ini diimbangi dengan waktu reload yang cukup lama. Karakter tower terakhir memiliki kekuatan yang paling besar. Tower ini akan menembak laser dengan kekuatan yang besar. Bisa dipastikan semua jelly biru musuh yang berada pada jangkauan sinar lasernya akan terkena imbasnya. Tentunya, kehebatan tower ini diimbangi dengan waktu reload yang cukup lama juga. Menurutku inilah satu-satunya tower yang paling efektif dalam menghancurkan si Pure Evil. Sederetan jelly Pure Evil bisa langsung menciut bila berada satu garis dengan sinar lasernya.

Strategi dalam memainkan permainan ini cukup mudah: tempatkan tower pada tempat yang tepat sehingga memberikan efek maksimal (yang tentunya didapat dari beberapa kali percobaan), gunakan sesedikit mungkin tower (agar lebih efisien tentunya), dan manfaatkanlah Piggy Bank untuk menambah jumlah koin. Selamat mencoba!!!


1 komentar:

  1. Hi,

    Nice Review. We love jelly defense too. Cheers

    BalasHapus