Senin, Oktober 15, 2012

Berburu iPhone 5 ke Negeri Seberang

Awal bulan Oktober ini, aku cukup beruntung bisa mengikuti training ke luar negeri. Tujuan training kali ini adalah Hong Kong. Dan Hong Kong adalah salah satu tempat yang pada tanggal 21 September lalu masuk ke dalam 9 negara pertama yang bisa mencicipi rilis iPhone 5. Wajar saja karena Apple memiliki sebuah Retail Store di Hong Kong. Dan ditambah lagi dengan satu Retail Store yang baru dibuka seminggu setelah iPhone 5 resmi di rilis.



Tadinya aku pikir, iPhone 5 akan sangat mudah didapatkan di Apple Store nya. Ternyata dugaanku salah. Entah karena stoknya yang terbatas atau entah karena permintaan yang tinggi, iPhone 5 dijual dengan mekanisme lotere. Peminat iPhone 5 harus melakukan reservasi sehari sebelumnya pasa pukul 9 pagi sampai pukul 5 sore hari. Peminat yang beruntung akan dikonfirmasi melalui email sebelum jam 9 malam pada hari yang sama untuk mengambil iPhone keesokan harinya. Walaupun aku tinggal selama 7 hari di Hong Kong dan memiliki kesempatan untuk melakukan reservasi setiap harinya, namun tampaknya keberuntungan belum memihak. Sepertinya sih kenyataannya memang stok yang sangat sangat terbatas ditambah dengan permintaan yang sangat tinggi. Sebagai catatan, harga iPhone 5 di Hong Kong adalah yang kedua termurah setelah di US. iPhone 5 dengan kapasitas penyimpanan 16 GB bisa diperoleh dengan harga sekitar 6,9 juta. Harga iPhone 4S resmi di Indonesia saja masih diatas 7 juta. Terdengar menggiurkan bukan?

Walaupun di sana banyak reseller Apple, namun iPhone 5 resmi hanya dijual di Apple Retail Store. Ada beberapa toko yang menjual iPhone 5 dengan harga sekitar 8300 HKD yang jika dirupiahkan sekitar 10 juta lebih. Kalau dipikir-pikir selisih harganya bisa mencapai 50%. Perbedaan harga yang sedemikian tinggi ini cukup membuktikan bahwa permintaannya jauh melebihi stok yang ada. Kalau aku perhatikan, memang belum banyak yang menggunakan iPhone 5 di Hong Kong. Kebanyakan masih menggunakan iPhone 4 atau iPhone 4S. Entah apakah ini menunjukkan bahwa jatah stok yang dijual di Hong Kong sangat sangat terbatas. Who knows?

Akhirnya aku membeli iPhone 4S karena selisih harganya juga lumayan jauh. iPhone 4S bisa aku dapatkan dengan harga 5,9 juta rupiah, namun dengan catatan garansi hanya berlaku di Hong Kong, China, dan Macau. Sejauh ini produk-produk Apple yang kumiliki jarang sekali yang bermasalah, jadi nggak apa-apa lah selisih 2 juta rupiahnya untuk mengkompensasi garansinya.

4 komentar:

  1. sore gan,..
    itu ipun bisa dibawa masuk ke indo gt?
    unlock apa gmn yak?
    terus masuk ke indo batangan aja apa gmn y?makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah kalo cuma satu atau dua sih nggak masalah Bro, di bea cukai bandaranya nggak diapa-apain. Nggak tahu juga kalo belinya banyakan. Yang dijual di HK itu unlock, rata-rata lebih murah 1 jutaan dibandingkan di indo. Cuma untuk iPhone garansinya nggak berlaku di Indo, kalo beli disana berlakunya di HK, China, sama Macau aja.

      Hapus
  2. di HK, beli dimana mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disana banyak authorized reseller Apple yang bisa ditemua di hampir setiap blok. Kalau mau lebih afdol bisa langsung ke Apple Retail Store nya, salah satu nya di IFC Mall. Harga di reseller dan apple store nya sama kok.

      Hapus