Sabtu, Desember 08, 2012

Review: AirPort Express

Beberapa waktu lalu aku membeli AirPort Express dan Apple TV. Pada awalnya sih cuma mau beli Apple TV saja, tapi karena ternyata Apple TV tidak bisa berfungsi sebagai WiFi router sehingga aku memutuskan untuk membeli Air Port Express sekalian. Air Port Express berfungsi sebagai WiFi router yang akan menghubungkan Apple TV, Mac Book, dan semua iDevice yang kumiliki.

Dalam tulisan kali ini, aku akan me-review fitur-fitur yang dimiliki oleh AirPort Express. Sementara untuk AppleTV akan dibahas pada tulisan yang terpisah.

Interface
AirPort Express tidak memiliki switch untuk On/Off. Setelah kabel power nya ditancapkan, otomatis perangkat ini akan menyala dan mulai bekerja. Perangkat ini memiliki 2 port Ethernet, satu port untuk WAN dan satu port lainnya untuk LAN. Port WAN bisa dihubungkan ke jaringan yang sudah ada, sementara Port LAN nya bisa dihubungkan dengan PC atau Laptop.

Selain itu, terdapat satu port USB 2.0 yang hanya bisa digunakan untuk koneksi ke printer, dan 3.5 mm audio minijack untuk output ke speaker yang bisa digunakan melalui teknologi AirPlay.

Set Up
Air Port Express sangat mudah untuk dikonfigurasi. Namun sayangnya untuk set up pertama aku memerlukan sebuah kabel ethernet agar bisa dikonfigurasi melalui Macbook. Setelah setingan WiFi nya dikonfigurasi barulah Air Port Express bisa diatur melalui WiFi yang artinya bisa langsung aku set up melalui iPad atau iPhone dan tidak memerlukan kabel ethernet lagi.

Selain berfungsi sebagai WiFi router yang membagi koneksi dari jaringan ethernet ke WiFi, perangkat ini bisa digunakan juga sebagai wireless client, yang membagi jaringan WiFi yang telah ada ke LAN port yang tersedia; ataupun digunakan untuk meng-extend jaringan WiFi yang telah ada.

Review AirPort Express
Apa yang bisa Anda lakukan dengan perangkat ini? Melalui AirPort Express, Anda bisa:

  • Mencetak dokumen melalui WiFi dari PC/Mac, iPad, iPhone, maupun iPod.
  • Mendengarkan lagu secara wireless melalui PC/Mac, iPad, iPhone, dan iPod melalui teknologi AirPlay. Fitur ini adalah fitur favoritku yang memang menjadi salah satu alasanku membeli perangkat ini. Dengan perangkat ini, Anda tidak perlu membeli speaker yang memiliki teknologi AirPlay, yang pada umumnya harganya relatif lebih mahal dibandingkan dengan speaker biasa.
  • Hidden Network. Fitur ini menurutku sudah menjadi standar. Dengan fitur ini, perangkat ini tidak akan membroadcast SSID.
  • Guest Network. Melalui fitur ini, Anda bisa membuat satu SSID tambahan pada perangkat AirPort Express. SSID tambahan ini memiliki keterbatasan: tidak bisa mengakses perangkat-perangkat yang ada pada jaringan AirPort Express. Jika ada 3 perangkat yang terhubung ke AirPort Express, ketiga perangkat ini dapat saling berkomunikasi. Jika ada perangkat lain yang terhubung melalui Guest Network, perangkat tersebut tidak dapat saling berkomunikasi dengan 3 perangkat sebelumnya. Fitur ini cocok digunakan untuk kasus-kasus seperti tamu di rumah Anda dapat terhubung ke internet, namun tidak bisa mengakses printer, Mac, maupun perangkat-perangkat lain.

Kesimpulan
Setelah menggunakan selama beberapa minggu, rasanya tidak menyesal telah membeli perangkat ini. Walaupun memang harganya cukup mahal, tapi kemudahan dalam penggunaan serta fitur-fitur yang dimiliki oleh perangkat ini mampu membayar itu semua. Saat ini, AirPort Express aku gunakan sebagai WiFi router di kantor selama 5 hari kerja. Dan ketika weekend aku bawa pulang untuk mendengarkan musik melalui fitur AirPlay dan juga sebagai WiFi router untuk menonton film melalui AppleTV. Untuk kedua kebutuhan diatas, aku akui perangkat ini telah bekerja sesuai dengan ekspektasi dan memuaskan.

2 komentar:

  1. met malem mas eko,
    artikel nya mas eko bantu banget bwt saya, kebeneran saya sdg renov rumah, dan kebtulan satu keluarga pake device nya apple semua, btw aku mau tanya aku mau pasang bbrp speaker di rumahku, yg pasti kan butuh airport express, yg aku mau tanyain spek speaker yg aku harus beli yg penting wireless speaker atau ada spek khusus spy bisa tersambung ke airport tax nya.

    makasih
    Donny Irawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Met malam Mas Donny,

      Maksudnya Mas Donny mau mendengarkan musik secara wireless bgitu yah Mas? Satu Airport Express ada jack untuk audio out nya, dan bisa dihubungkan dengan 1 speaker. Spek untuk speaker yang bisa dihubungkan dengan Airport Express ini bisa apa saja asal ada jack untuk dihubungkan ke audio out si Airport Express tersebut.

      Nah, kalau mau pasang beberapa speaker yang bisa untuk mendengarkan lagu secara wireless, pilihannya adalah:
      - Setiap speaker dipasangkan dengan 1 Airport Express, dengan asumsi semua Airport Express tersebut terhubung satu sama lain dan semua spek speaker disini adalah speaker biasa yang tidak memiliki fitur wireless/Air Play
      - Semua speaker memiliki fitur Air Play, sehingga hanya diperlukan 1 Airport Express sebagai router dan semua speaker tersebut terkoneksi dengan router Airport Express ini

      Jika tujuannya agar bisa mendengarkan lagu secara wireless saja tanpa perlu terhubung dengan WiFi, bisa digunakan speaker yang menggunakan Bluetooth

      Demikian penjelasannya Mas

      Hapus