Minggu, Desember 29, 2013

Tips Menghemat Baterai iPhone

iPhone memiliki kapasitas baterai yang tidak terlalu besar (jika dibandingkan dengan perangkat-perangkat lain yang menggunakan platform Android). Namun demikian dengan penggunaan yang tepat, Anda tidak perlu terlalu sering melakukan charge iPhone Anda. Berdasarkan pengalaman penulis, dengan penggunaan normal (jaringan 3G aktif) iPhone dapat bertahan hingga 24 jam untuk satu kali charge. Jika 3G tidak diaktifkan, dan hanya menggunakan 2G saja, daya tahan baterainya bertambah cukup signifikan.

Namun demikian, tergantung pada penggunaan dan kebiasaan, baterai iPhone bisa saja cepat habis alias drop, dan memaksa penggunanya untuk sering-sering melakukan charge. Bahkan untuk berjaga-jaga hingga menyiapkan powerbank untuk memastikan iPhone selalu aktif. Padahal jika digunakan dan dioperasikan dengan benar, untuk kebutuhan sehari-hari, pengguna iPhone tidak memerlukan powerbank. Ini berdasarkan pengalaman pribadi loh ya. Lain halnya jika Anda adalah heavy iPhone user dimana Anda selalu mengutilisasi iPhone setiap waktu, baik itu untuk browsing, mendengarkan lagu, menonton video, dan bermain game. Aktivitas-aktivitas tersebut akan menghabiskan baterai iPhone dengan cepat. Atau bisa jadi Anda memiliki mobilitas yang tinggi dan sering traveling, dimana akses ke sumber listring sangat terbatas. Untuk kedua kasus diatas, memang sudah seharusnya Anda memiliki sebuah powerbank sebagai penyelamat agar tak mati gaya.



Sebelum mengulas beberapa tips untuk menghemat baterai iPhone, ada baiknya jika kita mengetahui beberapa penyebab mengapa baterai iPhone cepat drop. Berdasarkan pengalaman pribadi, beberapa hal yang menyebabkan baterai iPhone cepat habis diantaranya adalah:

  • Bermain aplikasi game yang berat. Definisi game yang berat tidak terbatas pada game yang mengutilisasi prosesor dengan maksimal saja namun juga yang mengutilisasi sumber daya lain seperti misalnya secara terus menerus terkoneksi dengan server game. Game seperti Infinity Blade memiliki grafis 3D yang sangat bagus, dan ini tentunya akan cepat menghabiskan baterai iPhone Anda. Lain halnya dengan game seperti Hay Day, yang tampak ringan jika dilihat dari grafisnya. Namun karena game ini memerlukan koneksi secara konsisten ke server gamenya, pada akhirnya game ini juga akan menghabiskan baterai dengan cepat.
  • Membiarkan aplikasi-aplikasi yang mengkonsumsi data/terkoneksi dengan internet berjalan di latar/background. Saat ini banyak sekali aplkasi-aplikasi sosial media seperti Facebook, Twitter, Path, dan lain sebagainya yang akan selalu terkoneksi dengan internet. Pada umumnya aplikasi ini akan selalu memperbaharui konten timeline setiap beberapa saat, tentunya agar Anda sebagai pengguna iPhone selalu terupdate. Bahkan jika Anda tidak menutup aplikasi ini dan membiarkan aplikasi ini berjalan di background, aplikasi akan terus terkoneksi dan memperbaharui kontennya. Penggunaan aplikasi ini secara terus menerus tentunya akan membuat baterai iPhone Anda cepat drop.
  • Fitur Location Service/GPS yang selalu aktif. GPS saat ini sudah menjadi standar smartphone. Namun demikian, sejauh ini bisa dibilang fitur ini mengkonsumsi daya yang cukup besar. Jika Anda sedang menggunakan aplikasi yang memanfaatkan fitur ini (seperti misalnya aplikasi Maps, Waze, Camera, dan lain sebagainya), konsumsi baterai iPhone Anda akan meningkat sehingga baterai lebih cepat drop.
  • Terlalu banyak notifikasi yang masuk. iOS memiliki sistem notifikasi sendiri yang memungkinkan perangkat iOS untuk menerima notifikasi walaupun aplikasi sedang tidak aktif. Sistem notifikasi ini dibuat agar konsumsi baterai perangkat iOS bisa dihemat. Namun demikian jika sudah terlalu banyak notifikasi yang dikirimkan, pada akhirnya akan menghabiskan baterai iPhone Anda dengan cepat. Contoh untuk kasus ini adalah aplikasi-aplikasi chatting seperti WhatsApp, Path, dan iMessage. Bayangkan setiap kali ada pesan yang masuk, iPhone Anda akan bergetar, berbunyi, dan layarnya menyala. Sudah tentu baterai iPhone Anda akan cepat habis.
  • Fitur WiFi/Bluetooth/Personal Hotspot yang aktif walaupun sedang tidak digunakan. Berdasarkan pengalaman, penyebab ini sangat sering aku alami. Fitur WiFi sedang aktif, namun karena tidak ada jaringan WiFi yang tersedia, pengguna tidak akan menyadari bahwa WiFi nya sedang aktif karena simbol WiFi tidak ditampilkan di iPhone. Demikian halnya dengan Personal Hotspot yang tidak akan ditampilkan ketika tidak ada client yang terkoneksi.


Nah, setelah mengetahui beberapa penyebab diatas, kita bisa membedakan penyebab mana saja yang disebabkan oleh kelalaian kita sebagai pengguna dan penyebab mana saja yang memang tak terhindarkan, dan terjadi karena memang kebutuhan pengguna untuk mengutilisasi iPhone tersebut tinggi, sehingga mau tak mau ya baterainya akan boros. Terlepas dari itu, ada beberapa tips untuk menghemat baterai iPhone Anda. Beberapa tips dibawah tidak terlalu sulit untuk diterapkan, namun memerlukan kesadaran penggunanya untuk mengubah kebiasaan dalam menggunakan dan memakai iPhone-nya. Sementara beberapa tips sisanya mungkin terdengar cukup ekstrim untuk diimplementasikan. Pada intinya sih gunakan iPhone seperlunya dan sesuai dengan kebutuhan. Monggo untuk menambahkan di bagian komentar artikel ini jika ada masukan atau tips-tips lain yang relevan.

Kurangi aktivitas yang membuat bateri iPhone cepat habis
Tips ini mungkin terdengar sangat sepele. Ketika Anda sedang berada dalam kondisi yang mengharuskan Anda untuk menghemat baterai iPhone (seperti misalnya ketika anda sedang traveling), kurangi penggunaan aplikasi-aplikasi berat khususnya game, aplikasi yang secara terus menerus terkoneksi dengan internet, dan aplikasi secara berkala memanfaatkan fitur GPS iPhone.

Atur brightness/tingkat kecerahan iPhone
Layar yang terlalu terang menjadi salah satu penyebab borosnya baterai iPhone Anda, terutama jika Anda sering menggunakan iPhone untuk berselancar di internet, chatting, menonton film, ataupun melakukan hal-hal lain. Turunkan tingkat kecerahan layar iPhone untuk memperpanjang umur baterai. Jika Anda tidak mau repot, Anda juga bisa mengatur agar iPhone secara otomatis mengatur tingkat kecerahan layar yang sesuai dengan kondisi saat itu. Sehingga jika Anda berada di luar ruangan, tingkat kecerahan secara otomatis akan dinaikkan, dan jika berada di dalam ruangan yang tidak terlalu terang, tingkat kecerahan layar iPhone akan diturunkan.

Pengaturan brightness/tingkat kecerahan dapat diakses melalui Settings->Wallpapers & Brightness

Matikan fitur WiFi/Bluetooth/Personal Hotspot ketika tidak digunakan
WiFi yang aktif akan menyebabkan iPhone selalu berusaha untuk terkoneksi ke jaringan WiFi terdekat. Syukur-syukur jika ada jaringan WiFi yang bisa digunakan. Jika tidak, iPhone akan tetap mencari jaringan WiFi terdekat secara periodik. Aktifkan fitur ini seperlunya ketika Anda memang menginginkan untuk terkoneksi ke jaringan WiFi. Dan matikan jika Anda akan keluar dari jaringan WiFi yang sedang terkoneksi. Begitu pula dengan Bluetooth dan Personal HotSpot. Matikan jika sudah tidak digunakan.

Opsi WiFi dapat diatur melalui Settings->Wi-Fi (untuk iOS7 dapat diakses juga melalui Control Center)
Opsi Bluetooth dapat diatur melalui Settings->Bluetooth (untuk iOS7 dapat diakses juga melalui Control Center)
Opsi Personal Hotspot dapat diatur melalui Settings->Personal Hotspot

Matikan fitur update otomatis
Fitur update otomatis pada dasarnya dibuat untuk kenyamanan dan kemudahan penggunanya. Ketika fitur ini aktif, iPhone akan melakukan pembaharuan aplikasi secara otomatis (jika versi terbaru tersedia) dan melakukan pengunduhan aplikasi/lagu/buku elektronik secara otomatis ketika Anda melakukan pembelian konten tersebut pada perangkat lain. Sangat nyaman bukan? Namun tentunya ada harga yang harus Anda bayar, yaitu peningkatan konsumsi daya baterai iPhone Anda. Terlebih lagi Anda tidak bisa memperkirakan kapan iPhone akan melakukan pembaharuan aplikasi. Sangat repot tentunya ketika aktivitas menghabiskan baterai sementara akses ke sumber listrik sangat terbatas.

Fitur update otomatis dapat dimatikan melalui Settings->iTunes & App Store->Automatic Downloads

[iOS7] Matikan fitur Parallax/Reduce Motion dan Dynamic Background
Parallax adalah fitur baru pada iOS7 yang menambah estetika iPhone Anda. Fitur ini akan memberikan kesan kedalaman/3D pada iPhone. Sementara dengan Dynamic Background, pengguna iOS7 dapat memilih latar belakang yang selalu berubah dinamis. Kedua fitur ini memang bisa membuat iPhone Anda terlihat lebih cool, tetapi pada dasarnya tidak menambah fungsi dan membuat baterai lebih cepat habis. Untuk performa baterai yang lebih baik, matikan fitur Parallax/Reduce Motion dan gunakan latar belakang yang statis.

Fitur Parallax/Reduce Motion dapat dimatikan melalui Settings->General->Accessibility->Reduce Motion
Pengaturan wallpaper dapat diatur melalui Settings->Wallpapers & Brightness

Atur cara iPhone dalam mengunduh email
iPhone memiliki beberapa cara dalam melakukan pengecekan dan mengunduh email. Secara bawaan, iPhone akan menggunakan opsi Push, yang artinya ketika ada email baru, otomatis akan ditampilkan dalam inbox email iPhone Anda. Metode ini sangat praktis, namun bisa sangat cepat menghabiskan baterai iPhone tergantung pada intensitas dan frekuensi pesan masuk pada email Anda. Ingatlah, iPhone bukanlah PC/desktop dimana didesain untuk selalu terkoneksi dengan sumber listrik.

Apakah Anda harus selalu membaca dan me-respon setiap email yang masuk pada saat itu juga? Jika jawabannya adalah tidak, Anda dapat melakukan perubahan terkait dengan cara iPhone dalam mengunduh email. Selain mekanisme Push diatas, Anda memiliki opsi untuk mengatur agar iPhone hanya melakukan pengecekan dan pengunduhan email setiap periode tertentu (15 menit, 30 menit, atau 1 jam sekali) atau secara Manual. Ketika opsi Manual dipilih, iPhone hanya akan melakukan pengecekan email ketika Anda membuka aplikasi Mail saja.

Pengaturan iPhone dalam mengunduh email dapat diubah melalui Settings->Mail, Contacts, Calendars->Fetch New Data

Opsi yang paling disarankan adalah opsi Fetch (pengecekan dan pengunduhan email setiap periode tertentu). Semakin lama periode pengecekan email, semakin sedikit penggunaan sumber daya baterai iPhone.

[iOS7] Matikan fitur Background App Refresh
iOS7 memiliki sebuah fitur baru yaitu Background App Refresh, yang memungkinkan aplikasi yang berjalan pada latar/background untuk selalu memperbaharui kontennya secara berkala walaupun aplikasi tersebut sedang tidak aktif. Fitur ini secara cerdas akan menganalisis kebiasan Anda dalam menggunakan aplikasi. Jika misalnya Anda selalu membuka Twitter jam 7 pagi, maka ketika aplikasi Twitter aktif di latar/background, dan pada jam tersebut Anda membuka Twitter, timeline Twitter Anda otomatis sudah terbaharui. Sangat praktis namun membuat iPhone Anda sedikit boros.

Fitur ini dapat dimatikan untuk aplikasi tertentu saja atau secara global. Penulis menyarankan untuk mematikan fitur ini untuk aplikasi-aplikasi yang memang Anda tidak memerlukan kontennya selalu terbaharui secara otomatis ketika aplikasi tersebut berada di latar/background.

Pengaturan fitur Background App Refresh dapat dilakukan melalui Settings->General->Background App Refresh

Matikan Notifikasi yang tidak diperlukan
Terkadang aplikasi pada iPhone Anda terlalu sering mengirimkan notifikasi yang mengganggu. Notifikasi tersebut seringkali muncul ketika iPhone dalam keadaan standby (kondisi layar mati). Ketika ada notifikasi masuk, otomatis layar iPhone akan menyala dan notifikasi tersebut ditampilkan pada lock screen. Salah satu komponen dalam iPhone yang mengkonsumsi sumber daya baterai cukup besar adalah layar. Aktivitas ini akan membuat baterai iPhone cepat habis. Tentunya Anda tidak ingin hal itu terjadi bukan? Apalagi jika penyebabnya adalah notifikasi yang memang mengganggu dan tidak Anda inginkan.

Anda memiliki opsi untuk benar-benar mematikan seluruh notifikasi untuk aplikasi tertentu saja, atau hanya mematikan notifikasi ketika iPhone dalam keadaan terkunci. Opsi kedua akan membuat notifikasi tidak muncul pada lock screen ketika iPhone terkunci. Pilihan ini tentunya membuat Anda harus membuka aplikasi terkait untuk melihat notifikasi apa saja yang sudah diterima selama iPhone dalam keadaan terkunci.

Pengaturan notifikasi ini dapat dilakukan melalui Settings->Notification Center.
Pengaturan apakah notifikasi akan ditampilkan pada lock screen dapat diatur per aplikasi melalui Settings->Notification Center->[Nama Aplikasi]->Show on lock screen.

Aktifkan fitur Do Not Disturb
Do Not Disturb merupakan sebuah fitur baru yang diperkenalkan pada iOS6. Ketika fitur ini aktif, iPhone Anda tidak akan menerima notifikasi apapun, baik itu notifikasi SMS, panggilan telepon, maupun notifikasi dari aplikasi. Namun demikian, Anda dapat mengatur untuk menerima notifikasi ketika ada panggilan/pesan masuk dari kontak favorit Anda.

Untuk waktu-waktu tertentu ketika Anda sedang tidak ingin diganggu, Anda dapat mengaktifkan fitur ini untuk menghemat baterai iPhone Anda. Jika pada tips sebelumnya pengaturannya dilakukan per aplikasi, pengaktifan Do Not Disturb berlaku untuk semia aplikasi. Dengan mengaktifkan fitur ini pada jam-jam yang memang Anda tidak akan menggunakan iPhone, konsumsi baterai iPhone akan berkurang. Penulis sendiri mengaktifkan fitur Do Not Disturb secara terjadwal pada malam hingga pagi hari, sesuai dengan jam tidur.

Pengaturan fitur Do Not Disturb dapat dilakukan melalui Settings->Do Not Disturb

Matikan fitur Location Service yang tidak diperlukan
Seperti yang sudah disebutkan diatas, fitur GPS merupakan salah satu fitur yang mengkonsumsi sumber daya baterai cukup besar pada iPhone. Ada kalanya aplikasi yang Anda gunakan tanpa Anda sadari menggunakan fitur GPS ini. Aplikasi-aplikasi seperti Camera, Twitter, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya menggunakan fitur GPS untuk mengetahui lokasi Anda saat ini. Penggunaan fitur GPS ini bisa diketahui dari simbol icon yang muncul pada bagian atas layar iPhone. Namun demikian kapan aplikasi akan menggunakan fitur ini tidak bisa diprediksi.

Anda dapat mengatur untuk menonaktifkan fitur ini untuk seluruh aplikasi, atau hanya untuk aplikasi tertentu saja. Penulis menyarankan untuk mematikan fitur ini untuk aplikasi-aplikasi tertentu saja yang dirasa tidak diperlukan untuk mengakses fitur GPS ini. Sementara untuk fitur-fitur iPhone yang penting seperti Find My iPhone tetap diberikan akses untuk menanfaatkan fitur GPS tersebut.

Pengaturan fitur GPS ini dapat dilakukan melalui Settings->Privacy->Location Services.

Matikan fitur Cellular Data dan 3G
Mungkin tips ini terdengar cukup ekstrim. Koneksi pada jaringan 3G sudah jelas mengkonsumsi sumber daya baterai lebih besar dibandingkan dengan jaringan 2G. Terlebih lagi jika Anda mematikan akses data selular yang akan membuat iPhone Anda tidak terkoneksi dengan internet sama sekali. Jika Anda melakukannya, konsumsi baterai iPhone akan berkurang sangat signifikan. Namun demikian, ketika Anda melakukannya, fungsionalitas dan produktivitas dari iPhone itu sendiri juga berkurang secara signifikan.

Oleh karena itulah, kedua fitur ini direkomendasikan untuk dimatikan ketika Anda memang benar-benar tidak sedang membutuhkan koneksi 3G ataupun koneksi internet dan atau akses ke sumber listrik sangat terbatas sehingga tidak memungkinkan untuk melakukan proses charge dalam waktu yang cukup lama. Kedua fitur ini juga disarankan untuk dimatikan pada area yang memang tidak tercover oleh jaringan 3G ataupun area dengan kondisi jaringan yang buruk. Pada dasarnya ketika aktif, iPhone akan selalu berusaha untuk terkoneksi dengan internet. Ketika kondisi jaringan buruk, proses koneksi tersebut seringkali gagal dan berulang, sehingga berpotensi untuk lebih cepat menghabiskan baterai.

Untuk mematikan fitur 3G dapat diakses melalui Settings->Cellular->Enable 3G. Sementara untuk mematikan akses data bisa dilakukan melalui Settings->Cellular->Cellular Data.

Tutup aplikasi-aplikasi yang sudah tidak digunakan
Seringkali kita membuka banyak aplikasi dan malas menutupnya. Walaupun kebanyakan aplikasi tersebut tidak tidak aktif ketika sedang tidak digunakan, aplikasi-aplikasi tertentu dapat berjalan pada latar/background, dan melakukan aktivitas-aktivitas seperti terkoneksi dengan internet, mengakses fitur GPS, dan memperbaharui kontennya tanpa bisa diprediksi kapan aktivitas tersebut akan terjadi. Nah ketika Anda tidak menonaktifkan fitur Background App Refresh untuk aplikasi-aplikasi tersebut, dan Anda lupa untuk menutupnya, hal ini berpotensi untuk mengkonsumsi sumber daya baterai lebih besar.

Selalu biasakan untuk menutup aplikasi setelah selesai Anda gunakan, terutama untuk aplikasi-aplikasi yang hanya Anda gunakan sesekali saja.

Matikan layar iPhone segera setelah tidak digunakan
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, layar adalah salah satu komponen yang mengkonsumsi sumber daya baterai iPhone cukup besar. Setelah selesai menggunakan iPhone, segera matikan layar iPhone melalui tombol power pada bagian atas iPhone. Selain itu, direkomendasikan juga untuk mempersingkat periode Auto Lock iPhone Anda. Semakin cepat periode Auto Lock, akan semakin cepat pula layar iPhone Anda meredup dan mati. Yang artinya konsumsi sumber daya baterai iPhone Anda menjadi lebih hemat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar