Kamis, Desember 03, 2015

Perpanjangan STNK di Gerai Samsat Bintaro

Masa berlaku STNK kendaraanku sudah mau habis di bulan Desember ini, yang artinya harus diperpanjang lagi + bayar pajak tahunan. Pada awalnya sempat kepikiran untuk menggunakan biro jasa dengan alasan males ribet dari sisi waktu dan administrasinya. Setelah bertanya ke salah satu biro jasa, ternyata biayanya lumayan juga 150 ribu. Harga tersebut menurutku kemahalan karena dulu sempat mengurus sendiri di Kantor Samsat Polda Metro Jaya, prosesnya nggak ribet, cuma memakan waktu aja.

Beruntung sempat googling dulu dan baru tahu kalau di daerah sekitaran Bintaro ada gerai Samsat. Lokasinya pun sangat terjangkau, berada di ruko seberang Bintaro Plaza. Gerai ini menempati lantai 3 dan menjadi satu dengan Bank BJB yang menempati lantai 1 dan 2.


Gerai Samsat ini hanya melayani perpanjangan STNK tahunan, perpanjangan STNK 5 tahunan tidak dilayani dan harus datang ke kantor Samsat induk. Selain itu, BPKB asli harus dibawa juga, sehingga gerai ini juga tidak melayani perpanjangan STNK untuk kendaraan yang BPKB nya diagunkan seperti misalnya pada kendaraan yang pembayarannya dicicil.

Pengalamanku kemarin, proses perpanjangan STNK nya memakan waktu kurang lebih 30 menit. Nggak terlalu lama sih menurutku, mengingat aku datang sudah agak siang dan pada saat itu sudah ada sekitar 15 orang yang menunggu perpanjangan STNK nya diproses. Yang perlu disiapkan adalah BPKB asli, STNK asli, bukti pembayaran pajak kendaraan pada tahun sebelumnya, dan kartu identitas asli. Semua berkas ini dijadikan satu dan ditaruh di box yang sudah disediakan. Setelah itu tinggal menunggu dipanggil, lalu bayar pajaknya, dan beres deh.

Sebagai informasi tambahan, Gerai Samsat ini buka dari hari Senin s.d Sabtu dengan rincian:
Senin s/d Jumat: 08:00 s/d 14:00
Sabtu: 08:00 s/d 11:00

Yang sedikit aku sesali, kemarin aku lupa bertanya apakah gerai ini juga melayani perpanjangan STNK untuk wilayah diluar Tangerang Selatan atau tidak. Yah at least, warga Tangerang Selatan yang berlokasi di sekitaran Bintaro bisa melakukan perpanjangan disini, tanpa perlu jauh-jauh datang ke kantor Samsat yang berada di Ciputat atau di Serpong.

21 komentar:

  1. Makasih infonya Mbk, baru aja saya mau jalan perpanjang STNK.

    BalasHapus
  2. Klo gk ad bukti pembayaran thn sebelumnya bisa gk gan?soalnya thn kmren byr pke calo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya nggak bisa deh. Bukti pembayaran itu biasanya jadi satu sama STNK nya, yang ada rincian berapa biaya yang dibayar sama masa berlaku nya

      Hapus
  3. Hanya untuk stnk Tangsel saja ya?

    BalasHapus
  4. Hanya untuk stnk Tangsel saja ya?

    BalasHapus
  5. Gak perlu fotokopi STNK, KTP, dan BPKB?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu Mas, bawa langsung aslinya saja

      Hapus
  6. Balasan
    1. Bisa, ini maksudnya untuk pajak tahunannya kan Mas?

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Mas, kalau pajak 5 tahunan Tangerang Selatan, bayarnya yang di Ciputat atau Serpong? Bingung karena ada 2 tempat. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan tambah 1 pertanyaan lagi mas, apakah Samsat Serpong / Ciputat pada saat weekend atau libur tetap buka? Terima kasih.

      Hapus
    2. Tergantung wilayah, kalo pd aren ciputat pamulang bayarnya di ciputat

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Thx atas info nya, baru aja balik dari samsat bintaro dan benar hanya perlu waktu 30 menit padahal lumayan penuh. Dok yang dibawa pun tidak perlu kita foto copy terlebih dahulu yang penting bawa asli nya.

    BalasHapus
  11. Makasih info nya.. pokoknya sangat membantu, tidak sampai 10 menit selesai. Perhari ini saya bayar pajak sngt mudah dan cepat. Mau tanya, Kalau untuk wil. Jakarta apakah bisa di samsat bjb bintaro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga bisa pak. Khusus prov banten aja.

      Hapus
  12. Untuk stnk yg sudah lewat jatuh tempo bisa diperpanjang di gerai samsat gk gan?

    BalasHapus
  13. Mw tanya dong klo pajak honda brio tahun 2016 bulan 10 brp ya

    BalasHapus