Selasa, Februari 09, 2016

Road Bike vs Mountain Bike

Konon sepeda adalah salah satu alat transportasi yang paling efisien. Selain sebagai alat transportasi, sepeda juga digunakan sebagai sarana untuk berolahraga. Bersepeda di akhir pekan bersama rekan dan kolega, selain membuat badan menjadi lebih sehat dan bugar, juga dapat menjadi sarana untuk bersosialisasi.

Pada umumnya, sepeda yang beredar di jalanan dapat dibagi menjadi 2 kategori, yaitu Mountain Bike (MTB) atau yang dikenal dengan sepeda gunung, dan Road Bike yang dikenal dengan sepeda balap. Ada pula kategori lain seperti sepeda hybrid yang mencoba menggabungkan kedua kategori diatas dan sepeda untuk triathlon yang desainnya mirip dengan road bike namun ditujukan untuk balapan dengan jarak yang relatif lebih dekat.



Di dalam tulisan kali ini, aku akan mencoba menguraikan kelebihan dan kekurangannya berdasarkan pengalamanku menggunakan kedua jenis sepeda ini. Untuk Anda yang ingin membeli sepeda namun bingung untuk memilih sepeda mana yang cocok, semoga tulisan ini dapat membantu dalam memutuskan sepeda yang tepat.

Mountain Bike
MTB: Polygon Syncline 7
Mountain Bike yang dikenal dengan MTB berdasarkan pengamatanku merupakan sepeda yang paling banyak kita lihat di jalanan. Sepeda ini dapat melalui jalanan aspal yang mulus, medan off road seperti jalan setapak dengan kontur yang tidak rata, hingga medan yang cukup terjal. Karena bisa dipakai di semua medan, jenis sepeda ini banyak ditemui di jalanan.

MTB pada umumnya memiliki karakteristik sebagai berikut:
  • Ban yang relatif lebar dan tidak halus, agar dapat mencengkeram medan yang tidak rata dengan baik dan juga agar tidak selip di jalanan yang licin
  • Fork depan dengan suspensi, untuk mengurangi getaran ketika melalui jalanan yang tidak merata. 
  • Rem cakram untuk pengereman yang lebih baik. Walaupun ada juga MTB yang menggunakan rem V-brake, namun tentunya daya pengeremannya kurang maksimal
  • Posisi duduk relatif nyaman dan tegak dan handle bar yang lebar untuk memudahkan kontrol dalam manuver di dalam trek
  • Bobot sepeda relatif berat
  • Range gir gigi belakang yang relatif besar, untuk memudahkan penggunanya ketika melalui tanjakan yang terjal di medan yang kurang bersahabat
  • Gir gigi depan yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan Road Bike. Kombinasi gir belakang yang besar dan gir depan yang kecil memudahkan pengguna untuk bisa lebih lincah melalui kombinasi tanjakan, turunan, dan manuver

MTB sendiri pun dibagi lagi ke dalam beberapa kelas: XC (Cross Country), Trail, AM All Mountain, Free Ride, dan Downhill. Masing-masing kelas dutujukan untuk medan yang berbeda. Seperti misalnya XC untuk medan yang relatif ringan, sementara Down Hill untuk medan terjal yang didominasi turunan. Secara fisik, perbedaannya akan tampak pada bentuk geometri frame sepedanya, travel forkdepan, dan ada atau tidaknya suspensi belakang, untuk meredam benturan pada trek yang terjal. Diantara semua jenis tersebut, XC adalah jenis MTB yang paling banyak berseliweran di jalanan, selain harganya yang jauh relatif lebih bersahabat di kantor, speknya sudah oke untuk melibas medan on road dan off road ringan. Sementara, sepeda jenis lainnya akan lebih bermanfaat jika trek yang dilibas adalah trek dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi dan menantang nyali.

Kelebihan MTB:
  • Dapat digunakan di medan on road maupun off road
  • Posisi duduk yang tegak membuat nyaman dalam bersepeda
  • Harga cenderung lebih bersahabat dibanding Road Bike
  • Dalam kondisi hujan, rem cakram tetap dapat bekerja dengan baik

Kekurangan MTB:
  • Di medan on road/jalan aspal performanya akan kalah dibandingkan dengan Road Bike. Karena memiliki ban yang lebar, gesekan dengan jalanannya pun makin besar, sehingga energi yang diperlukan untuk ngebut di jalanan aspal lebih besar dibandingkan dengan Road Bike
  • Kurang cocok untuk dipakai touring dengan jarak yang relatif jauh, walaupun bisa saja diakali dengan menggunakan ban yang ukurannya lebih sempit.

MTB cocok untuk:
  • Pecinta trek off road yang memacu adrenalin
  • Orang yang ingin bersepeda santai
  • Orang yang sering menggunakan sepeda untuk jarak yang relatif dekat (commuting)
  • Orang yang belum mengetahui style bersepeda nya dan belum pernah memiliki sepeda

Road Bike
RB: Polygon Helios A9
Road Bike (RB), pada umumnya banyak ditemui di area-area yang memiliki kondisi jalan yang bagus, biasanya di pusat kota atau pusat keramaian. Tidak seperti MTB yang dapat melibas medan on roaddan off road dengan baik, RB sangat sensitif dengan kondisi jalanan sehingga didesain hanya untuk melibas medan on road saja. Road Bike didesain untuk melaju dengan kecepatan tinggi, masing-masing *spare part*nya dioptimalkan untuk tujuan ini, sehingga berat masing-masing *spare part*nya lebih ringan dibandingkan dengan MTB

Berikut adalah karakteristik RB:
  • Ban lebih pipih/sempit dengan permukaan yang halus, untuk mengurangi gesekan dengan jalanan
  • Fork depan tidak memiliki suspensi. Kurang nyaman digunakan di jalanan yang kurang bagus/tidak rata. 
  • Pada umumnya menggunakan rem V-Brake, bukan rem cakram. Penggunaan V-Brake untuk mengurangi berat sepeda secara keseluruhan
  • Posisi duduk relatif kurang nyaman. Posisi pengendara tidak tegak, namun sedikit membungkuk ke depan, untuk menciptakan posisi yang aerodinamis
  • Bobot sepeda relatif lebih ringan, semakin ringan biasanya semakin mahal pula harganya
  • Range gir gigi belakang relatif lebih kecil, agar perpindahan kecepatan lebih smooth dan mulus
  • Gir gigi depan relatif lebih besar agar bisa menghasilkan kecepatan yang tinggi. Gir besar artinya, power yang dibutuhkan juga lebih besar.

Kelebihan RB:
  • Unggul di medan on road, khususnya jalanan yang mulus
  • Jarak jangkauan lebih jauh dibandingkan dengan MTB (tentunya di jalanan yang mulus)
  • Dapat dipacu untuk menghasilkan kecepatan yang tinggi

Kekurangan RB:
  • Harga relatif kurang bersahabat
  • Posisi duduk yang kurang nyaman
  • Kurang nyaman digunakan di jalanan yang tidak rata/kurang bagus
  • Tidak bisa digunakan di medan off road
  • Tidak dapat melakukan manuver tajam seperti MTB
  • Kondisi hujan sangat mempegaruhi daya pengereman V-Brake sehingga pengendara perlu lebih hati-hati
RB cocok untuk:
  • Pecinta kecepatan dan ingin memacu sepeda secepat-cepatnya
  • Orang yang menggunakan sepeda untuk jarak yang relatif jauh (touring)

Kesimpulan 
Melihat penjelasan diatas, MTB memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan dengan RB, dan menurutku MTB adalah pilihan yang tepat sebagai sepeda pertama Anda jika saat ini belum memiliki sepeda. Belilah RB jika Anda memang benar-benar yakin bahwa Anda akan terus bersepeda di jalur on road. Sebagai sepeda pertama, tidak perlu membeli yang mahal, disesuaikan saja dengan budget. Setelah beberapa waktu menggunakan sepeda tersebut, nanti bisa diketahui apa saja kekurangan yang dimiliki oleh sepeda tersebut untuk selanjutnya di*upgrage*. Apapun jenis sepeda yang dipilih, yang paling penting adalah komitmen untuk aktivitas bersepedanya. Jangan sampai sepeda yang sudah dibeli nganggur begitu saja.

5 komentar:

  1. Thx utk infonya.. mampir jg yuk ke http://elementmtb.com/ban-sepeda-cepat-kempes-pakai-ini-saja/

    BalasHapus
  2. Gan, tanya....
    saya mau cari speda untuk ke kantor

    Rute jalan full aspal, hanya saja jalan d kampung +-100meter ada polisitidur 4buah kecil. sma deket kantor ada jalan yg polisitidurnya 8 buah gede"

    sayangnya ga ada rute lain, jadi mau ga mau harus lewat situ. ada budget 7juta, rencana ambil stratos S3 700C.

    apa ada saran pilih tipe lain? mengingat lewat polisi tidur yg gede

    terimakasih

    email: ganeswaranova@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf gan baru reply,
      Kalau melihat penjelasan rutenya sih Strattos S3 udah cukup oke Gan. Road bike macem Strattos bgitu bukannya nggak bisa untuk melewati polisi tidur atau jalanan berlubang,hanya saja pas ngelewatin nggak bisa kenceng-kenceng karena fork depan nya nggak ada suspensinya seperti MTB.

      Btw polisi tidur yang gede itu yang lebar yah? Ini malah lebih enak untuk dilibas dibanding yang kecil tapi 'tajem'. Ngebut dikit masih nggak apa-apa.

      Hapus
  3. Gan,
    saya ada sepeda Federal tua, V brake, tanpa suspensi.
    Gear transmisi nya mulai tidak enak, suka tidak mau pindah kecuali lompat 2 langsung.
    Kalau diganti dengan gear yang punya road bike jaman sekarang, apa masih kompatible ? disarankan upgrade atau lebih baik membeli yang baru ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enaknya sih belu baru Gan, cuma kalau misalnya masih sayang sama frame nya, dan yang lainnya masih bisa dipakai, paling yang diganti shifter + RD nya. Kalau masih belum karatan coba di service aja dulu. Kalau lompat 2 langsung bgitu biasanya di setingan RD nya.

      Hapus